Rabu, 03 Desember 2008

Seminar ASI Eksklusif - Inisiasi Menyusu Dini (IMD) bagian 2

Dr Ronny dari Dinkes Kab. Klaten memaparkan makalah berjudul Kebijakan Intensifikasi Pemanfaatan ASI Ekslusif dalam Mewujudkan Anak Sehat dan Cerdas Menuju Klaten Sehat 2010. Beliau menjelaskan pengalaman Klaten dlam program IMD dan ASI Eksklusif.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) menjadi bagian dari prosedur pertolong Asuhan Persalinan Normal (APN). Program dimulai dari tahun 2007 dan sampai saat ini telah dihasilkan 15 fasilitator, 260 konselor ASI dan 799 motivator /kader di Klaten. Hasil utama dari pelatihan adalah meningkatnya kesadaran bidan untuk tidak menerima sponsor dari susu formula.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan ASI Eksklusif tercantum dalam Peraturan Daerah Kab. Klaten no. 7 tahun 2008. Dengan adanya perda ini maka di institusi, perkantoran pemerintah/swasta dan tempat-tempat umum harus tersedia ruang laktasi.

Beliau juga memaparkan hasil survei Fak. Kedokteran-UGM sampai dengan September 08 Ibu melahirkan yang menerapkan IMD adalah 54 %, dan diantaranya menerapkan ASI eksklusif 44 % meningkat nyata dibandingkan data tahun 2007 yaitu 23 %.

Dijelaskan juga oleh Dr. Ronny, saat ini permintaan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan IMD saat melahirkan baik di RS atau pun fasilitas kesehatan lainnya meingkat.

Tidak ada komentar: